Selasa, 17 Juli 2018

Peluang Budidaya Bayam Merah





Jual Bibit Bayam Merah
Telp. 087731375234

Bayam merah adalah komoditas pertanian jenis sayur mayur yang sedang naik daun. Bayam merah memiliki gizi yang cukup tinggi dan cita rasanya juga nikmat, tidak kalah dengan bayam hijau. Bayam merah memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan bayam hijau. Budidaya bayam merah sangatlah mudah, dapat ditanam di lahan atau dengan menggunakan polybag. Tanah yang cocok untuk tanaman bayam merah adalah gembur / remah dan banyak mengandung humus. Tanaman bayam merah juga membutuhkan sinar matahari yang cucup. 

Untuk budidaya bayam merah langkah awal yang harus dilakukan adalah penyiapan media tanam atau pengolahan lahan. Penanaman bayam merah di lading perlu dilakukan pembajakan lahan  dan membuat bedengan-bedengan untuk penanaman bibit bayam merah. 1 bedeng biasanya dibuat dengan lebar 100 cm – 200 cm dan tinggi bedeng tersebut sekitar 30 cm, panjang bedeng yang dibuat tidak ditentukan. Setelah membuat bedengan untuk bibit bayam kita juga harus membuat aliran air yang ukurannya bisa berkisar 30 cm lebar x 30 cm kedalamannya, setelah semua selesai kita melakukan penyemaian pupuk secukupnya diatas bedengan dan ditimbuni dengan tanah secukupnya.

Selanjutnya adalah penyediaan bibit. Bibit bayam merah dapat diperoleh dengan membeli di took pertanian atau online. Jika budidaya bayam merah telah berjalan, kebutuhan benih dapat diperoleh dari tanaman bayam merah yang sudah tua yaitu dengan cara memanen bunga bayam merah untuk diolah menjadi bibit dengan proses pemetikan bunga, kemudian menjemurnya, setelah menjemur kita pisahkan dari kulit dan kotoran, dan menyimpannya sebelum ditanam. 
Selanjutnya adalah proses penananman. Menanam bibit bayam merah mudah, kita bisa menyebarkan benih ke atas bedengan-bedengan yang telah kita buat. Setelah, tumbuh dan mencapai ukuran yang sesuai untuk dipanen, maka bayam merah dapat segera dipanen dengan cara dipetik atau dicabut. 

0 comments:

Posting Komentar